Thursday, October 9, 2014

Widget/Gadget yang Penting & yang Tidak Penting untuk Blog-mu.


Kali ini, gw bakal ngeshare widget-widget yang menurut gw wajib, atau penting untuk dipasang di blogmu... Ini semua hanya pendapat gw, mungkin menurut mu, widget ini ga penting lah, atau gimana. Kebanyakan widget yang menurut gw penting itu diliat dari segi kegunaannya, bukan dari segi entertainment/menghibur atau tidaknya (semacam koi hoki). Penasaran? Simak!


1.Search Bar
Blog apa sih yang gapunya search bar? Biasanya search bar yang digunakan itu ya google search. Gunanya? Simple, cuma buat cari postingan yang spesifik, seperti kamu sedang cari artikel bernama 'anuan ew anuan', maka di search bar tinggal tulis begitu.

2. Music Player
Nah, biar pembaca ga bosen baca postingan blogmu, mending sediain aja music player biar dia bisa membaca sambil mendengar lagu, tanpa harus membuka youtube. Dalam kasus ini, gw menggunakan SCM Music Player. Sederhana, bisa dipasang diatas, atau dibawah blog. Lagunya bisa ditambahin kapan aja. Bagusnya adalah, ketika kamu baru buka blog seseorang, dan musik berputar, jika kamu klik salah satu artikel di blog itu, maka lagu akan terus lanjut (tidak terulang). Tapi itu tidak akan terjadi jika kamu buka di tab baru.

3. Popular Posts

Popular posts biasanya dipasang disamping kanan blog, paling atas. Ini berguna untuk melihat postinganmu yang paling banyak dilihat/viewsnya. Pembaca yang penasaran pastinya akan mengklik salah satu postingan dari popular post, dan akhirnya menambah views mu.

4. Random Posts.
Seinget gw ini termasuk widget. Widget ini dipasang dibawah blog, jika diklik, maka kamu akan dinavigasikan ke salah satu artikel di blog itu. SALAH satu lho, 

5. Pageviews.
Pageviews ini sih sedikit kegunaannya, soalnya kamu bisa melihat sendiri viewsmu di blogger.com 
Jadi, pageviews ini berguna untuk memamerkan kepada pengunjung blogmu, seberapa banyaknya pageviews mu.

6. Label
Walaupun label sudah built-in dengan template bloggernya, tetapi ada saja yang menghapus widget ini. Ini sangat berguna, semua postingannya diberikan label akan dipisah sesuai dengan nama labelnya. Jadi, yang dikasih label video, pasti isinya video, dsb

7. About Me
Ini sebenarnya biasa aja. Tapi about me gw gunain untuk mini introduction, sama link link sosmed gw, kaya facebook lah, twitter. 

8. Follow by Email
Nah, widget ini berguna, tapi sayangnya belum gw tambahkan ke blog gw. Soalnya pengunjung masih sedikit, pasti sedikit yang follow pake email. Jadi cara kerjanya adalah kamu follow pake emailmu, setiap ada update, ntar bakal kekirim ke emailmu

9. Chatbox
Jika blogmu sangat aktif dikunjungi. Tambahkan chatbox sebagai sarana bagi pengunjung untuk ngobrol dengan pengunjung lainnya. Sayangnya, kadang-kadang chatbox jadi media promosi blog sendiri, atau bahkan pil biru. Ew banget ya.

10.  Drop-down Menubar.
Gadget ini bakal bikin blog mu 2x lebih keren. Bukan hanya menu bar biasa, ini lebih keren. Walaupun susah cara menambahkannya, tapi tutorial tutorial diluar sana siap membantumu.

Nah, begitulah gadget/widget yang menurut gw harus ditambahkan ke blog, tapi kalo kalian merasa widget/gadget ini tidak penting, yaa gausah dipake.

Menurut gw,yang tidak penting untuk blog adalah :
1. Koi Hoki
2. Hamster
3. Games games kaya pacman
4. Miku piano
5. advertisements kecuali lu desperate banget nyari duit

Sekian dari gw ya, ciaooo
Regards,
Angelo







No comments:

Post a Comment

Cool Blue Outer Glow Pointer